Header Ads

Google akan Datangkan Smartphone Android ONE ke Indonesia


Setelah meluncurkan Android One pertama di India, Google pun mengungkapkan kalau handphone Android ONE juga bakal mereka rilis dibeberapa negara berkembang. Secara khusus, mereka menyebut dua negara di Asia Tenggara yang siap menjadi lokasi pemasaran smartphone Android One. Dua negara tersebut adalah Indonesia dan Filipina. Sebagai tambahan, Google juga menyebutkan beberapa negara yang ada di Asia Selatan, yakni Bangladesh, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka.

Google hanya mengambil langkah penting menuju memperkuat dominasinya di seluruh dunia dengan sistem operasi mobile Android.

Android telah poluler di pasar negara berkembang untuk waktu yang lama, namun Google pertama menyatakan minatnya eksplisit di pasar ini saat diluncurkan Android 4.4 KitKat tahun lalu. Ini dirancang khusus sehingga akan berkembang dengan baik pada perangkat keras berbiaya rendah yang biasanya menemukan jalan ke pasar negara berkembang.

Pada peluncurannya musim gugur yang lalu, wakil presiden senior Google, Sundar Pichai, mengatakan: "Seperti yang kita dapatkan dalam perjalanan kita untuk mencapai miliaran orang berikutnya, kami ingin melakukannya pada versi terbaru dari Android." Dan sekarang, dengan Android One, menunjukan Google bahwa visi Pichai memiliki kaki.


Dalam hal spesifikasi, ketiga ponsel didasarkan pada desain referensi Google, dan dengan demikian cukup banyak identik. Ketiganya memilik 4-inch, resolusi 854x480 IPS display, MediaTek MT6582 SoC dengan 1.3 GHz quad-core Cortex-A7 CPU dan Mali 400 GPU MP2, 1GB RAM, ruang penyimpanan 4GB dengan slot kartu microSD, kamera belakang 5 megapiksel, 2 megapiksel kamera depan, radio FM, dukungan dual SIM, dan 1.700mAh baterai.

Hal terbaik tentang ponsel ini adalah bahwa mereka semua menjalankan versi saham Android, 4.4.4 KitKat dalam kasus ini. Telepon akan mendapatkan update OS langsung dari Google selama dua tahun sejak diluncurkan. Ponsel ini juga akan menjadi yang pertama sejalan dengan perangkat Nexus untuk mendapatkan Android L, atau masa mendatang.

Fitur lain yang menarik adalah bahwa pengguna Android One akan dapat men-download dan menonton video Youtube offline, sesuatu yang belum tersedia pada perangkat Android. Mereka juga akan mendapatkan satu tahun gratis berlangganan konten di Google Play Newsstand. Selain itu, toko online yang menjual masing-masing ponsel ini juga memiliki penawaran tambahan yang tersedia, termasuk pilihan pembiayaan, diskon aksesoris dan kartu memori bebas.

Juga akan ada OEM Android lain yang akan bergabung, Micromax, Karbonn, dan Spice nanti. Ini termasuk Acer, Alcatel One Touch, ASUS, HTC, Intex, Lava, Lenovo, Panasonic, Xolo, dan Qualcomm.

Di situs resminya, Google mengatakan kalau kedatangan Smartphone Android One ke Indonesia dan Filipina tersebut bakal dilakukan pada akhir tahun ini. Dan tentu saja harga jual dari Smartphone Android One tersebut juga tak jauh berbeda dengan yang dipatok Google di India, yakni berkisar di angka 1 jutaan.

No comments

Powered by Blogger.