Header Ads

KITA DAN TEKNOLOGI Bagian 2


Teknologi, internet dan masyarakat Indonesia


Dengan diwajibkannya para murid untuk memiliki laptop di sekolah, menjadikan pangsa pasar laptop sebagai “barang wajib” untuk kalangan para pelajar. Hal ini bukan tanpa sebab, karena memang sudah diberikannya surat keputusan dari menteri pendidikan dan kebudayaan yang bekerjasama dengan menteri komunikasi dan teknologi mengenai perlunya di tanamkan pelajaran mengenai teknologi informasi sedari dini, di mulai dengan penggunakan perangkat komputer dan sejenisnya untuk dijadikan alat belajar mengajar dengan metode e-learning.

Murid Sekolah terpencil


Lantas mengapa laptop dijadikan perangkat utama untuk belajar mengajar? Hal ini disebabkan agar lebih memudahkan para murid untuk belajar secara praktek mengenai internet. Dan bukan hanya itu, dikarenakan luasnya daya jangkau dari fasilitas internet itu sendiri menjadikan laptop sebagai salah satu sarana para murid berselancar didunia maya menjadi tak berbatas.

Hal yang paling dikhawatirkan adalah ketika ada murid yang ingin mencoba-coba berselancar di dunia maya (internet) tanpa didampingi, hingga mungkin akan menyebabkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Entah murid tersebut membuka sebuah situs yang tidak diperbolehkan atau lain sebagainya.

Karena pertimbangan itulah, mengapa diperlukan bimbingan dari orang tua juga guru untuk membantu mengembangkan dan membina kebutuhan para murid akan teknologi informasi itu sendiri.

Saat ini memang sudah sangat banyak situs-situs yang berbahaya telah diblokir, namun hal ini bukan mengartikan bahwa dunia internet sudah aman. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi yang dapat diserap dari internet.

Tak ubahnya keberadaan warnet-warnet yang sekiranya sangat marak, bisa dilihat disetiap jarak 100M sudah dipastikan keberadaan warnet yang kategorinya saat ini fokus di game online. Halnya sebenarnya wajar, namun bila dilihat dari segi kebutuhan daya candu intenet untuk game online ini sangat mengkhawatirkan sekali, terutama dampak yang terimbas pada remaja yang masih berseragam.

Anak-anak dan Warnet


Adapun, bila anak-anak bermain dan berselancar di dunia maya akan ada baiknya untuk tetap didampingi, karena satu kali klik saja akan ada banyak informasi terserap dan tanpa filter yang hadir di depan layar monitor kita.

Lantas mengapa internet itu sangat berpengaruh sekali pada dunia bersosialisasi dan bermasyarakat? Intenet sangat dekat dan akrab dengan lingkungan kita, bagaimana tidak. Anggap saja apapun yang kita kerjakan dan kita lakukan semua bisa kita dapat melalui internet. Tidak hanya itu, bahkan rutinitas kita pun sering kali kita jabarkan dalam sosial media seperti facebook, twitter dan yang lain-lain. Hal ini lah yang semakin mendekatnya masyarakat dengan internet.


Baca juga artikel kami yang lainya Klik disini

Visit kentungweb.blogspot.co.id dan follow Instagram @kentungweb dan Twitter-nya di @yusovian untuk update info Teknologi, Gadget dan Lifestyle terkini.



No comments

Powered by Blogger.