Header Ads

KITA DAN TEKNOLOGI Bagian 1


Masuknya konsep metode belajar mengajar dengan e-learning


Saat ini kalangan masyarakat luas tentunya sudah sangat kenal apa itu laptop, bahkan anak TK sekalipun tau apa itu laptop. Bahkan kecenderungan dan kefasihan anak-anak lebih tinggi terhadap laptop dibandingkan dengan orang dewasa.

Dikarenakan teknologi yang terus berkembang dengan pesatnya, bahkan saat inipun hampir seluruh sekolah di nusantara mewajibkan siswa – siswinya untuk menggunakan laptop sebagai media untuk belajar dan berinteraksi dengan banyak hal.

Ilustrasi
Tak ubahnya pada dunia pendidikan di bangku universitas, bahkan beberapa sekolah favorit di Jakartapun sudah menerapkan kelas belajar mengajar dengan menggunakan konsep e-learning. Mungkin ada beberapa kalangan yang sudah sering mendengar apa itu e-learning, namun mungkin ada sedikit dari kalangan orang tua yang masih bingung dengan konsep materi e-learning sendiri.

Dimana e-learning sendiri ditujukan agar para para siswa – siswi dapat belajar dengan mandiri dan bisa fokus dengan setiap mata pelajaran yang ada di sekolah. Mengapa harus dengan e-learning, dan untuk apa fungsi guru di kelas jika ada e-learning? 

Sebuah pertanyaan yang sebenarnya sudah banyak di jabarkan sebelum konsep e-learning ini sendiri di kombinasikan pada setiap mata pelajaran yang ada di sekolah. Dengan melihat semakin majunya dunia teknologi dan pentingnya pengenalan tentang teknologi informasi itu sendiri sejak dini, maka di selipkanlah metode e-learning ini sendiri pada setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.

ilustrasi
Dan bagaimana dengan fungsi guru yang ada di kelas, bila konsep e-learning saja intinya ingin agar para siswa dapat belajar dengan mandiri? Memang betul sekali bahwa e-learning itu ditujukan agar para siswa mandiri, namun ada beberapa poin yang menitik beratkan kenapa metode e-learning itu sendiri disadurkan kedalam metode belajar mengajar di sekolah.

Dan berikut penjabarannya :
  •  E-learning sendiri ditujukan agar para siswa juga guru dapat memahami dan mengerti tentang penggunakan internet secara garis besar.
  • Dengan makin berkembang pesatnya peran internet dalam dunia pendidikan, sehingga pemerintah memberikan peputusan mengenai penggunaan teknologi informasi secara bijak.
  • Banyaknya informasi yang dapat diakses di internet, dikhawatirkan bisa disalah gunakan dengan tidak seharusnya oleh kalangan yang tidak bertanggung jawab, sehingga para siswa dapat dibimbing oleh para guru di sekolah agar bisa lebih mendapat manfaat dari internet.
Hingga sekiranya adanya metode belajar mengajar para guru serta murid tidak lagi “buta IT”.




Baca juga artikel kami yang lainya Klik disini

Visit kentungweb.blogspot.co.id dan follow Instagram @kentungweb dan Twitter-nya di @yusovian untuk update info Teknologi, Gadget dan Lifestyle terkini.

No comments

Powered by Blogger.