Header Ads

Pengertian dan Bagian-Bagian Tentang Laptop atau Notebook

Mungkin sebagian orang yang belum paham tentang perangkat komputer pasti dibingungkan dengan istilah laptop atau pun notebook. Dan sebagian orang pasti bertanya-tanya tentang kedua hal tersebut. Bahkan ada yang mengatakan bahwa laptop dan notebook itu berbeda. Dengan menyebutkan bahwa laptop itu adalah ukuran komputer portable yang besar dan notebook adalah kebalikannya bahwa notebook adalah ukuran komputer portable yang kecil. Dan tahukah Anda bahwa pendapat Anda selama ini tentang laptop atau pun notebook itu salah.


                                                   
Pengertian Laptop atau Notebook

Laptop dan notebook itu sama saja, laptop adalah penamaan karena cara pemakaiannya (laptop=diatas pangkuan) sedangkan notebook adalah nama merk dagangnya. Sebuah komputer laptop, biasanya disebut komputer notebook oleh produsen, adalah komputer personal berbaterai atau AC-powered umumnya lebih kecil dari koper dan dengan mudah dapat diangkut dan mudah digunakan dalam ruang seperti di pesawat terbang, di perpustakaan, kantor-kantor dan pertemuan. Sebuah laptop biasanya beratnya kurang dari 5 kilogram dan ketebalan 5 inci atau kurang. Di antara pembuat komputer laptop yang paling terkenal adalah Acer, Apple, Asus, Dell, dan Lenovo.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer dekstop (dekstop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada dekstop, hanya saja ukurannya di perkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Laptop atau notebook kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri.

Laptop atau notebook ini biasaya menggunakan layar tipis, terdiri dari transistor atau layar matriks aktif lebih cerah dan pandangan yang lebih baik pada sudut yang berbeda dari STN atau layar dual-scan. Laptop menggunakan beberapa pendekatan yang berbeda untuk mengintegrasikan mouse ke dalam keyboard, termasuk touchpad, trackball, dan pointing stick. Sebuah port serial juga memungkinkan mouse biasa bisa terpasang. PC card adalah perangkat keras insertable untuk menambahkan modem atau network card ke laptop. CD-ROM dan digital hard disk serbaguna memungkinkan built-in atau attachable.

Bagian-Bagian Laptop atau Notebook

1. Layar LCD
Layar LCD berfungsi untuk menampilkan semua informasi dan grafik dari notebook. Mengatur kemiringan panel layar dan kecerahan layar.

2. Tombol Power
Tombol Power adalah suatu tombol yang berguna untuk menghidupkan suatu notebook.

3. Keyboard
Keyboard adalah suatu tombol yang terdiri dari huruf dan angka.

4. Touchpad
Touchpad adalah suatu bagian pada notebook berbentuk kotak kecil persegi empat berfungsi untuk mengarahkan cursor pada layar notebook sesuai yang anda inginkan.

5. Drive Optik
Drive Optik berfungsi untuk membaca atau menulis data pada cakram optik

6. Kartu Lan Nirkabel (Wi-Fi).
Wifi berfungsi untuk menghubungkan notebook secara nirkabel dengan jaringan yang tersedia.

7. Bluetooth
Bluetooth adalah suatu alat untuk menghubungkan notebook dengan berbagai macam perangkat lain yang menggunakan standar bluetooth seperti halnya printer, telephone seluler, PDA, dan masih banyak lagi.

8. Slot Kartu PC / Ecspress
Slot ini dapat digunakan sebagai antarmuka antara notebook dengan berbagai macam alat komunikasi, misalnya adaptor jaringan, adaptor SCSI, fax / modem, atau sebagai penyedia penyimpanan data tambahan.

9. Slot Kartu Media Penyimpanan
Slot ini berguna sebagai antarmuka antara notebook dengan kartu media penyimpanan MS, MS Pro, MMC, SD, dan xD-Picture.

10. Port USB
Port ini berfungsi untuk menghubungkan notebook dengan berbagai macam perangkat lain menggunakan standar Universal Serial Bus (USB), seperti halnya printer, scanner, kamera digital, flash memory, keyboard, mouse, dan lain-lain.

11. Port Video Eksternal
Port ini berfungsi untuk menghubungkan notebook dengan monitor eksternal atau projektor.

12. Ports-Video
Port ini berfungsi untuk menghubungkan notebook dengan peralatan video seperti TV, VCR, dan lain-lain.

13. Jack Pack / Modem RJ-11
Hubungkan ujung kabel dari saluran telepon dengan konektor RJ-11 pada jack ini.

14. Jack Lan RJ-45
Hubungkan ujung kabel dari jaringan dengan konektor RJ-45 pada jack ini.

15. Jack Audio-Out
Jack ini berfungsi untuk menghubungkan kabel hedset dan speaker eksternal.

16. Jack Microphone-in
Jack ini berfungsi untuk menghubungkan microphone tambahan.

Kesimpulan:

Laptop atau notebook adalah komputer dengan ukuran yang kecil serta menyatukan semua perangkat keras komputer seperti monitor, cpu, mouse, keyboard, dan sumber daya listrik. Sehingga bersifat portable bisa dipindahkan, bergerak dengan mudah.

No comments

Powered by Blogger.